Tanda Masalah Power Supply PS2

Tanda Masalah Power Supply PS2 Console hidup (fan berputar) dengan lampu reset merah atau merah berkedip
Bagikan:
Beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh tidak berfungsinya power supply.

1. Console mati total.
2. Console hidup (fan berputar) dengan lampu reset merah atau merah berkedip.
3. Console hidup (fan berputar) dengan lampu reset normal tetapi tombol eject tidak berfungsi.


Solusi yang kita gunakan disini adalah yang semudah-mudah mungkin untuk dilakukan bagi orang yang berpengetahuan elektronika sedikit. Kebanyakan permasalahan power supply sangat teknis sekali (problem secara elektronis berat bagi seorang pemula).

Peralatan yang akan butuhkan:
- Obeng philips standard, plus dan minus.



-  Multitester  (jika  anda  tidak  tahu  cara  menggunakannya  silakan  baca manualnya)

Console Mati Total

PERHATIAN: Semua test yang akan kita lakukan dalam kondisi kabel power tidak  terpasang. Ini untuk menghindari agar anda tidak terkena sengatan listrik.
Sebelum mulai periksa apakah voltmeter anda berfungsi dengan baik. Kemudian buka console anda dengan cara yang sama seperti diatas. Yang
dibuka adalah tutup bagian bawah sehingga power supply terlihat dengan
jelas. Board power supply ini adalah yang terhubung ke konektor luar kabel listrik.


Lepaskan empat buah baut board power supply tersebut, sehingga anda bisa melepaskan board tersebut dari casing console anda.


Setelah itu anda akan melihat dua buah fuses (sekring) yang perlu anda periksa.  Cara  memeriksanya  adalah  dengan  posisi  multitester  anda  pada posis omh meter. Letakkan masing-masing probe multimeter dikedua ujung fuses yang akan diperiksa. Jika hasilnya short berarti fuses masih baik, jika tidak berarti fuses tersebut harus diganti. Setelah selesai periksa fuses yang satunya dengan cara yang sama.
Masalah Power Supply PS2
Kemudian periksa juga switch power dengan cara hampir sama dengan cara memeriksa fuses. Atur posisi switch ke posisi on’ lalu test kedua ujung kaki swicth dengan omh meter. Jika kondisi short berarti switch bagus dan jika tidak maka switchnya harus diganti.
Masalah Power Supply PS2

Console hidup (fan berputar) dengan lampu reset merah atau merah berkedip

Kebanyakan kasus ini disebabkan oleh power supply yang lemah. Kadang kala console bisa dimainkan tetapi dalam beberapa menit akan hang/diam dan lampu power akan berwarna merah.





Cara termudah menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengganti power supply satu modul penuh.


Atau jika anda punya skill elektronik, anda bisa memperbaikinya dengan melihat akar permasalahan sebagai berikut.

Power  supply  playstation  2  pada  umunya  adalah  power  supply  dengan voltase 110V yang dimodifikasi menjadi 220V. Karena kebanyakan console ini dimasukkan dari jepang dan negara yang menggunakan volaste 110V.


Para importir disini memodifikasinya agar bisa beroperasi di voltase 220V. Modifikasi ini belum tentu akan menghasilkan unjuk kerja optimal. Seringkali power supply menjadi over heat setelah dimainkan dalam beberapa waktu dan langsung drop dengan ditandai lampu power berwarna merah

Console hidup (fan tidak berputar) dengan lampu reset normal tetapi tombol eject tidak berfungsi

Pada  kasus  ini  kemungkinan  besar  adalah  kabel  ribbon  yang menghubungkan tombol reset dan eject bermasalah. Anda bisa mengganti kabel ribbon ini dengan mudah. Cukup dengan membuka casing bagian atas saja, maka kabel ribbon bisa di lepas pasang dengan mudah.
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Tanda Masalah Power Supply PS2
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Tanda Masalah Power Supply PS2 Beberapa permasalahan y ang diakiba t kan o l eh tidak ber f ungs i nya power s u pp l y. 1. Console ...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori Power Supply Kediri, PS2 Kediri, PS2 Hardisk Kediri, Tutorial dengan judul Tanda Masalah Power Supply PS2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/01/tanda-masalah-power-supply-ps2.html. Terima kasih!

Power Supply

PS2

PS2 Hardisk

Tutorial

Ada pertanyaan ?:

0 comments: