Memasang dan mengunakan HDD PS2

Memasang dan mengunakan HDD PS2 cara memasang Harddisk ke Network Adapter.
Bagikan:
Memasang dan mengunakan HDD PS2 Haddisk adalah media penyimpan data yang biasanya digunakan pada komputer. Akan tetapi saat ini harddisk juga sudah banyak digunakan pada perangkat-perangkat lain seperti peralatan fotografi dan peralatan lain yang membutuhkan media penyimpan data. Salah satunya adalah Playstation 2 anda.





Harddisk ada banyak jenis. Yang digunakan pada playstation 2 adalah harddisk dengan type IDE standard. Disamping type, harddisk juga dibedakan oleh kapasitas daya tampung datanya. Pada saat buku ini ditulis, harddisk IDE yang banyak beredar dipasaran adalah yang berkapasitas 80GB sampai dengan 200GB. Makin besar kapasitas harddisk berarti makin banyak games yang bisa disimpan didalamnya. Rata-rata satu buah games Playstation 2 berukuran 1GB sampai dengan 2 GB. Ada yang lebih dari itu dan ada yang kurang dari itu. Jika anda menggunakan harddisk 80GB berarti anda bisa menyimpan lebih kurang 80 buah games yang berukuran 1GB.

Untuk  memasang  harddisk  ke  console  Playstation  2,  dibutuhkan  alat tambahan berupa network adapter. Yaitu sebuah expansion module yang juga berfungsi agar console Playstation 2 anda bisa bermain games secara online dan terhubung ke server-server games atau console-console lain. Network adapter ini dibutuhkan karena interface (konektor penghubung harddisk dengan mainboard) harddisk berada pada module ini. Lihat gambar dibawah ini yang menampilkan bentuk fisik network adapter.
Memasang dan mengunakan HDD PS2


Ada dua type Network Adapter. Gambar paling kiri adalah network adapter yang memiliki dua buah interface network yaitu Ethernet dan Modem. Gambar tengah  yaitu  network  adapter  yang  hanya  memiliki  satu  buah  interface network saja yaitu Ethernet. Gambar paling kanan adalah gambar sisi dalam network adapter yang memperlihatkan interface penghubung ke harddisk dan ke mainboard console.


Anda bebas menggunakan salah satu dari keduanya karena bagian dalam yang kita butuhkan untuk memasang harddisk, tersedia pada kedua type network adapter.

Pemasangan Harddisk.


Format-lah harddisk terlebih dahulu dengan file system NTFS. Anda bisa menggunakan Windows XP untuk memformat harddisk ini, dengan cara memasangkannya terlebih dahulu ke komputer lalu lakukan proses format.



 
Selanjutnya setelah harddisk selesai diformat pasangkan ke network adapter dan pastikan posisi jumper Harddisk anda pada pilihan MASTER, bukan SLAVE atau CABLE SELECT. Tanyakan pada penjual harddisk atau teknisi komputer jika anda ragu dalam menentukan posisi jumper ini. Biasanya manual pengaturan posisi jumper ada pada body harddisk tersebut. Lihat gambar dibawah untuk melihat cara memasang harddisk. (Video Tersedia)

Memasang dan mengunakan HDD PS2

Memasang dan mengunakan HDD PS2

Memasang dan mengunakan HDD PS2

Lihat gambar diatas cara memasang Harddisk ke Network Adapter. Disaat memasang harddisk ini pastikan konektor data dan powernya terpasang dengan tepat, kuat dan rapat. Setelah itu buka penutup expansion-slot lalu masukkan harddisk yang sudah dipasangi network adapter ke dalam expansion-slot. Pastikan sebelumnya console anda dalam kondisi off/mati.


Masukkan harddisk dengan lurus dan pas pada traynya sampai network adapter tertutup rapat dan kuat. Lalu kencangkan kedua bautnya.

Sebagai tambahan informasi untuk anda, saya mengganjal bagian dalam harddisk dengan kertas tissue meja setebal lebih kurang 0,5cm. Ini untuk membuat posisi harddisk tertekan dengan baik saat dimasukkan kedalam slot. Tisue tersebut akan berada pada ujung harddisk sebelah dalam. Anda juga bisa menggunakan bahan lentur lainnya seperti karet busa.


OK, jika sudah demikian pekerjaan terberat anda dalam memasang harddisk sudah terlewatkan dengan baik .
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Memasang dan mengunakan HDD PS2
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Memasang dan mengunakan HDD PS2 Hadd i sk adalah media pen y impan data yang bia s anya digunakan pada komputer. Akan te t api s a at ...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori HDD Loader Kediri, HDD PS2 Kediri, Network Adapter Kediri, PS2 Kediri, PS2 Hardisk dengan judul Memasang dan mengunakan HDD PS2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/01/memasang-dan-mengunakan-hdd-ps2.html. Terima kasih!

HDD Loader

HDD PS2

Network Adapter

PS2

PS2 Hardisk

Ada pertanyaan ?:

0 comments: