Memperbaiki Stik PS2 Rusak

Memperbaiki Stik PS2 Rusak Stick controller adalah unit yang bersentuhan langsung dengan pemakai.
Bagikan:
Memperbaiki Stik PS2 Rusak Stick controller adalah unit yang bersentuhan langsung dengan pemakai. Karena hal itu stick bisa mengalami kerusakan pada beberapa bagian karena dalam penggunaanya sticklah yang sring berpindah tempat, terjatuh atau[un pemakain dengan kasar.


Kerusakan  yang  sering  terjadi  pada  stick  controller  adalah  pada  bagian- bagian berikut:

1. Kabel penghubung ke console.
2. Tombol-tombol.
3. Tuas analog.

Cara mengidentifikasi kerusakan stick controller.


1. Kerusakan  pada  kabel  penghubung  ke  console  biasanya  ditandai dengan fungsi stick controller tidak berfungsi sama sekali. Tidak ada respon ataupun   stick   controller   tidak   terdetect   oleh   console.

2. Kerusakan pada tombol akan berakibat tidak ada respon pada saat tombol di tekan. Umunya terjadi pada satu atau dua tombol, bukan pada keseluruhan tombol.


3. Kerusakan tuas analog ini akan berakibat respon controller putus-putus pada saat tombol analog digeser atau digoyang. Atau bisa juga terjadi tombol terasa kasar seperti ada gesekan. Atau bisa juga seperti tuas bergeser sendiri.

Cara perbaikan stick controller.

Peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut:


 Multi tester.
 Obeng philips kecil (+).
 Obeng philips kecil (-).
 Solder 20 - 30 watt, timah solder dan pasta solder.

1. Kabel Penghubung ke console.


Kerusakan kabel ini biasanya terjadi putus didalam, atau ujung connector yang lepas. Cara menelusuri kerusakan ini bisa dilakukan dengan multi tester. Set multi tester pada probe Ohm meter. Pada setup ini jarum multi tester akan bergerak penuh  kekanan atau bunyi biip atau angka 999 pada multi tester digital jika terjadi hubungan pendek/short. Lihat manual multi tester anda sebagai referensi penggunaannya.



Lepaskan casing stick controller seperti gambar dibawah dan lepaskan konektor penghubung ke board stick.

Kemuadian test satu persatu kabel dari ujung ke ujung menggunakan multi tester. Yang   perlu anda perhatikan adalah kabel tidak putus atau short dengan kabel lain.


Untuk menyambung kembali jika ditemukan ada kabel yang putus, silakan gunakan kreativitas anda sendiri.

2. Tombol-tombol.


Kerusakan tombol bisa terjadi pada karet tombol atapun pada pad. Pada tombol bagian dalam terdapat carbon berwarna hitam yang berfungsi sebagai penghubung jalur pada pad. Jika karbon pada sebuah tombol sudah rusak atau habis terkikis, anda harus mengganti tombol tersebut.

Selanjutnya permasalahan tombol ini juga bisa terjadi karena pad pada board pcb, tempat tombol ditekan kotor atau berkarat. Bersihkan dengan alkohol atau contact cleaner.

3. Tuas analog.

Tuas analog ini adalah dua buah potensio yang dibentuk menjadi sebuah tuas yang menggerakkan kedua buah potensio tersebut. Kerusakan pada potensio ini sama dengan kerusakan yanhg biasa terjadi pada kebanyakan potensio. Yaitu terjadinya korosi atau karbonnya sudah terkikis habis. Membersihkan  karat  pada  potensio  ini  cukup  dengan  menggunakan contact cleaner.
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Memperbaiki Stik PS2 Rusak
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Memperbaiki Stik PS2 Rusak Stick con t roller ada l ah unit yang b e rsentuhan langsung dengan pemakai. Karena hal itu stick bisa m...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori Masalah PS2 Kediri, PS2 Kediri, PS2 Hardisk Kediri, PS2 Kaset Kediri, PS2 Slim Kediri, PS2 Tebal Kediri, Stik PS2 Kediri, Tutorial dengan judul Memperbaiki Stik PS2 Rusak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/01/memperbaiki-stik-ps2-rusak.html. Terima kasih!

Masalah PS2

PS2

PS2 Hardisk

PS2 Kaset

PS2 Slim

PS2 Tebal

Stik PS2

Tutorial

Ada pertanyaan ?:

0 comments: