Cara Main Game via LAN Online PS2

Cara Main Game via LAN Online PS2 PS2 FAT + NA PS2 Slim HDLoader Open PS2Loader
Bagikan:
Cara Main Game via LAN Online PS2 Pada tips kali ini kita akan mencoba memainkan game PS2 Multy Player yang support dengan mode LAN.

Game Multyplayer dengan mode LAN maksudnya disini adalah Game yang bisa dimainkan lewat console PS2 yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih secara bersama-sama, dimana setiap orang/pemain menggunakan PS2 dan monitor TV sendiri-sendiri, dan PS2 dari setiap pemain saling berhubungan lewat kabel LAN sehingga permainan game multyplayer bukan lagi dimainkan disatu monitor TV yang dibagi-bagi, melainkan setiap pemain melihat/memainkan game multyplayernya pada PS2 dan monitor TVnya masing-masing.

Kalau dijelaskan dengan gambar perbedaan game multyplayer bukan mode LAN dan game multyplayer dengan mode LAN, kira" seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Main Game via LAN Online PS2

Main Game via LAN Online PS2

Dan main game LAN ini bisa dimainkan dan terkoneksi dengan baik pada : PS2 FAT+ NA  <=========> PS2 FAT + NA
PS2 FAT + NA  <=========> PS2 Slim

PS2 Slim <=========> PS2 Slim

Sementara Boot Loader game yang digunakan support pada

HDLoader<=========> HDLoader

HDLoader <=========> Open PS2Loader

Open Ps2Loader <=========> Open PS2Loader




Sebelum kita mulai memainkan game mode LAN ini, maka terlebih dahulu perlu dipersiapkan peralatan tambahan yang dibutuhkan selain console PS2nya sendiri diantaranya adalah:

    Memory card PS2 (ory dan tw support) untuk menyimpan setting configurasi jaringan LAN
beserta profil gamenya.
     Kabel LAN type Cross untuk menghubungkan PS2 dengan PS2 lainnya, dan cara membuat kabel LAN type cros ini sudah kita bahas pada tutorial terdahulu.

Okley.....

Sekarang jika peralatan tambahan sudah siap, maka langka selanjutnya tinggal kita hubungkan kabel LAN ke PS2 seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Main Game via LAN Online PS2

Main Game via LAN Online PS2

Setelah ini, jangan lupa tancapkan MC disetiap PS2.

Jika diMC belum tersedia setting konfigurasi LAN, maka langka selanjutnya adalah mengatur setting konfigurasi koneksi LAN pada game yang akan dimainkan.

Adapun setting untuk konfigurasi koneksi untuk game LAN ini sebagai berikut : IP Address = 10.10.100.1
Netmask = 255.255.255.0

Default Router Address = 255.255.255.0

Primary DNS Address = 216.99.193.19

Secondary DNS Address = 216.99.193.2

Berdasar dari setting diatas, maka kita akan mulai mengatur setting konfigurasinya pada game yang akan kita mainkan dengan cara tentunya memainkan gamenya terlebih dahulu pada PS2.
Seperti pada contoh ini, game LAN yang saya jadikan sample adalah Conflig Global Storm. Pertama-tama pilih mode multyplayer LAN, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Main Game via LAN Online PS2
 Setelah itu system game akan meminta meload data konfigurasi LAN yang tersimpan di memory card, seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Pilih slot memory card tempat setting LAN disimpan.

Seperti pada contoh gambar diatas, saya memilih memory card slot 1, dan pada contoh ini setting LAN yang ada di memory card yang terpasang dislot 1 belum ada setting konfigurasi networknya (LAN), maka system game akan menampilkan pesan kalau setting networknya tidak ditemukan dan menyarankan untuk mengedit konfigurasi networknya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Main Game via LAN Online PS2
 Pilih YES, dan akan masuk kemenu konfigurasi network seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Main Game via LAN Online PS2
 Pilih Add Setting, dan system game akan menanyakan kalau settingnya akan disimpan dimemory card slot apa, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Pilih Add Setting, dan system game akan menanyakan kalau settingnya akan disimpan dimemory card slot apa, seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Jika hardware networknya tidak ditemukan atau dibaca oleh system game, maka pengaturan network konfigurasi tidak bisa dilanjutkan, dan hal ini terjadi pada PS2 Fat yang menggunakan NA TW, sementara jika hal ini terjadi pada PS2 Slimenya maka kemungkinan yang bermasalah adalah PS2 Slimenya sendiri

Pilih nama network hardwarenya dan lanjutkan kesetting selanjutnya.

Pada User ID dan Password untuk akses providernya pilih saja Not Required, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya pada pengaturan IP address, pilih Manual seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya akan masuk kemenu setting IP Address, Netmask, Default Router, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Isi setting masing-masing sesuai data yang sudah dijelaskan diatas, dan pada contoh ini settingnya setelah selesai dimasukkan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya untuk pengaturan Primary DNS dan Secondary DNS diisi sesuai dengan data yang sudah dijelaskan diatas, dan pada contoh ini setelah datanya diisi akan seperti contoh gambar dibawah ini.
 Setelah ini lanjutkan lagi ke penyimpanan setting yang sudah diatur sebelumnya, dan pada contoh ini nama settingnya bernama Setting 1 (nama setting tergantung dari teman") seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya akan ditampilkan semua pengaturan yang sudah diatur sebelumnya seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Setelah ini, tekan tombol (X) untuk menyimpan settingnya. Dan jika setting berhasil disimpan maka akan ada pesan kalau Save komplit seperti pada contoh gambar dibawah ini.

OK....

Setting konfigurasi networknya sudah selesai dibuat, dan keluar dari setting networknya untuk kembali kemenu gamenya.

Sekarang dilanjutkan dengan mengatur lagi setting konfigurasi network pada PS2 lainnya. Dan untuk pengaturan setting network pada PS2 lainnya sama dengan cara diatas, yang membedakan saja pada setiap pengaturan network pada setiap PS2 adalah alamat pada IP Address.




Umpamanya pada 4 unit PS2, maka untuk IP Addressnya bisa diterapkan pada setiap unit PS2nya sebagai berikut

PS2 Unit 1 =► IP Address = 10.10.100.1

PS2 unit 2 =► IP Address = 10.10.100.2

PS2 unit 3 =► IP Address = 10.10.100.3

PS2 unit 4 =► IP Address = 10.10.100.4 dan seterusnya.
Sementara untuk setting Netmask, Default Router Address, Primary DNS Address, Secondary
DNS Address, sama semua pada setiap unit PS2.

Setelah semua game sudah selesai kita save setting konfigurasi networknya di MC masing- masing, dimana untuk icon network konfigurasi ini jika dilihat dibrowser PS2 akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Nah.... tiba waktunya untuk mencoba suasana baru bermain game.

Periksa kembali koneksi kabel LAN di setiap PS2 dan pastikan sudah rapat dan terpasang dengan baik.

Cara memainkan game multy player dengan mode LAN pada setiap game berbeda-beda, tergantung dari jenis game dan menu" yang tersedia pada game itu sendiri, dan pada contoh ini saya uraikan cara memainkan mode LAN ini pada game Conflig Global Storm, dan mungkin bisa mewakili atau teman" setidaknya punya gambaran cara memainkan game multy player mode LAN ini.

Pada contoh ini saya uraikan dengan menggunakan 2 unit PS2 yang saling terkoneksi, dimana

PS2 unit 1 profile gamenya bernama BAHAR (di contoh gambar diberi tanda B)

PS2 unit 2 profile gamenya bernama SATRIO (di contoh gambar diberi tanda S) Okley... mudah"an teman" mengeti maksud dari uraian saya diatas.
Sekarang kita mulai main gamenya. dan mainkan semua game yang sama pada semua unit PS2 dan pilih kembali mode game LAN pada menu game, dan pada contoh ini seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu system game akan meminta meload data konfigurasi networknya yang tersimpan dimemory card.

Dan pada contoh ini file konfigurasi networknya tersimpan dimemory card yang ada dislot 1, maka slot memory card yang dipilih pada semua unit PS2  adalah slot memory card 1 seperti pada contoh gambar dibawah ini.

 Setelah itu system game akan meload data konfigurasi networknya, dan jika ditemukan akan menampilkan pesan Load success seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu akan ditampilkan nama setting yang ingin digunakan.

Dan pada contoh ini nama setting pada semua unit PS2 adalah Setting 1.


Setelah itu tekan (X)

Maka masing" unit PS2 akan melakukan persiapan jaringan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Kemudian setelah ini, masing" unit PS2 akan masuk kemenu persiapan gamenya, dan pada contoh ini masing" unit PS2 akan menampilkan menu seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Sampai pada tahap ini, maka 1 unit PS2 saja yang akan membuat pengaturan permainan gamenya, sementara unit lainnya tinggal menunggu pengaturan permainan selesai dibuat oleh satu unit PS2 yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dan pada contoh ini, PS2 unit 1 dengan nama profile BAHAR yang akan membuat pengaturan permainan dengan tentunya memilih menu CREATE MATCH, sementara untuk unit PS2 lainnya tetap menunggu sampai pengaturan gamenya selesai dibuat oleh PS2 unit 1.

Setelah PS2 unit 1 memilih CREATE MATCH, maka akan ditampilkan menu persiapan gamenya, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.

Sampai pada tahap ini, maka 1 unit PS2 saja yang akan membuat pengaturan permainan gamenya, sementara unit lainnya tinggal menunggu pengaturan permainan selesai dibuat oleh satu unit PS2 yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dan pada contoh ini, PS2 unit 1 dengan nama profile BAHAR yang akan membuat pengaturan permainan dengan tentunya memilih menu CREATE MATCH, sementara untuk unit PS2 lainnya tetap menunggu sampai pengaturan gamenya selesai dibuat oleh PS2 unit 1.

Setelah PS2 unit 1 memilih CREATE MATCH, maka akan ditampilkan menu persiapan gamenya, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.

Karena pengaturan game sudah selesai dibuat, maka semua unit PS2 lainnya sekarang sudah bisa mulai bergabung.

Dan pada contoh ini, maka selanjutnya PS2 unit 2 dengan nama profil SATRIO memilih menu SEARCH FOR MATCH, dan setelah itu akan ditampilkan gambar seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Pada contoh gambar diatas terlihat kalau sudah ada user yang mulai permainan dengan nama BAHAR, dimana pada sebelah kanan tercantum angka 1/4 yang artinya, bahwa game ini mendukung sampai 4 user yang bermain, dan user yang bermain baru 1 orang.

Tekan (X) untuk bergabung dan melihat pada profile yang dipilih, dalam hal ini adalah BAHAR, dan pada contoh ini akan ditampilkan gambar seperti pada contoh dibawah ini.

Pada contoh gambar diatas terlihat kalau sudah ada user yang mulai permainan dengan nama BAHAR, dimana pada sebelah kanan tercantum angka 1/4 yang artinya, bahwa game ini mendukung sampai 4 user yang bermain, dan user yang bermain baru 1 orang.

Tekan (X) untuk bergabung dan melihat pada profile yang dipilih, dalam hal ini adalah BAHAR, dan pada contoh ini akan ditampilkan gambar seperti pada contoh dibawah ini.

Pada contoh gambar diatas terlihat kalau sudah ada user yang mulai permainan dengan nama BAHAR, dimana pada sebelah kanan tercantum angka 1/4 yang artinya, bahwa game ini mendukung sampai 4 user yang bermain, dan user yang bermain baru 1 orang.

Tekan (X) untuk bergabung dan melihat pada profile yang dipilih, dalam hal ini adalah BAHAR, dan pada contoh ini akan ditampilkan gambar seperti pada contoh dibawah ini.

Setelah ini, kemudian setiap user memilih karakter playernya masing", dengan memilih ROLE dan menggunakan tombol dpad untuk memilih karakternya.

Dan umpamanya setelah semua pemain memilih karakternya masing", maka pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.

 Setelah ini, masing" unit PS2 memilih READY untuk memulai bergabung, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.
 Selanjutnya unit yang membuat pengaturan game dalam hal ini adalah PS2 unit 1 dengan nama profile game BAHAR memilih START untuk memulai permainan, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu beberapa saat hingga koneksi terhubung dan game dimulai, Dan..........
(Chat mode on)

Play Now....Wake up... Go...go...Go...
Fire...... Ach......
Help me... Aku ketembak

Tunggu.... wkwkwkw.....


Selamat Berjuang..... Selesai.
Catatan

1. Setting konfigurasi network yang tersimpan di memory card hanya bisa digunakan pada PS2 dimana setting konfigurasi network tersebut dibuat/disimpan. Jadi setiap PS2 memiliki data setting konfigurasi network yang beda-beda dan tidak dikenali jika dicoba digunakan/diload setting konfigurasi network tersebut di PS2 yang lain.
2. Game berjalan dengan normal dan loading cepat jika dimainkan dengan menggunakan PS2
FAT+NA ory.

3. Sementara jika game dimainkan dengan menggunakan HD External/Flashdisk dengan booting Open PS2Loader, maka saat loading koneksi agag terasa lambat/lama, tapi jika sudah masuk digame play, maka gamenya berjalan dengan normal, walaupun masih ada sedikit jeda saat melakukan Chating sesama pemain.
4. Jika kesulitan masuk dimode pengaturan konfigurasi networknya dan ini kadang terjadi jika menggunakan HDLoader, maka bisa mengakalinya dengan terlebih dahulu membuat konfigurasi networknya dengan menggunakan bantuan open PS2Loader, artinya disini adalah, saat dibikin/simpan konfigurasinya di MC digunakan Open PS2loader, tapi begitu settingnya sudah tersimpan diMC, maka saat memainkan game LANnya bisa kita gunakan kembali HDLoader, karena disini konfigurasi networknya tinggal diload saja dari MC yang sebelumnya dibuat lewat Open PS2loader.
5. Umpamanya kita punya PS2 Fat+NA dan PS2 Slim+HDXternal, maka untuk mengkoneksikan kemode LAN, caranya adalah pada PS2 Fat+NA bisa digunakan HDLoader atau Open PS2Loader, sementara pada PS2 Slimenya digunakan Open PS2Loader. dan setelah itu bisa kita koneksikan antara PS2 Fat+NA dan PS2 Slimenya. dan karena kecepatan loading antar PS2 Fat+NA dan PS2 Slime+HDXternal beda sekali, maka saat kedua PS melakukan koneksi, pada PS2 Fat akan muncul perintah untuk menunggu koneksi dari PS2 Slimenya atau melanjutkan game tanpa melakukan koneksi dengan PS2 Slimenya, jadi agar koneksi bisa tersambung antar PS2 Fat dan Slime, maka usahakan agar PS2 Fat selalu dalam posisi menunggu koneksi dari PS2 Slimenya, dan nanti setelah PS2 Fat dan Slim sudah terkoneksi, maka saat masuk kepermainan akan berjalan mengikuti kecepatan dari kecepatan game play PS2 Slime+HDxternal.
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Cara Main Game via LAN Online PS2
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Cara Main Game via LAN Online PS2 Pada tips kali ini k ita a k an mencoba m emainkan game PS2 M u l t y P l a y e r y a ng su p port ...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori game PS2 Kediri, Game USB PS2 Kediri, Hardisk PS2 Kediri, HDLoader Kediri, LAN Kediri, Online PS2 Kediri, PS2 Kediri, PS2 Hardisk Kediri, PS2 Kaset Kediri, PS2 Slim Kediri, PS2 Tebal Kediri, PS2Loader Kediri, Tutorial dengan judul Cara Main Game via LAN Online PS2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/01/cara-main-game-via-lan-online-ps2.html. Terima kasih!

game PS2

Game USB PS2

Hardisk PS2

HDLoader

LAN

Online PS2

PS2

PS2 Hardisk

PS2 Kaset

PS2 Slim

PS2 Tebal

PS2Loader

Tutorial

Ada pertanyaan ?:

1 comments:

  1. Gan, boleh dong bantuin kalau untuk main LAN need for speed underground 2, ane udah ikutin semua trik diatas, tapi yang keluar infonya " network error(-612):there was no responses from the DNS server. Please check your internet configuration".

    Kira2 gimana ya? Nfs underground versi ps2 tidak ada pilihan LAN, hanya ada pilihan ONLINE, nah ane langsung hubungin 2 ps dengan kabel UTP.

    Izin gan kalau berkenan dibantuin.

    Terimakasih

    BalasHapus