Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Masalah Disc Read Error PlayStation 2 DRE DVD games anda tidak bermasalah, berarti permasalahannya adalah pada console anda.
Bagikan:
Masalah Disc Read Error PlayStation 2 DRE adalah permasalahan yang paling sering dialami oleh banyak pengguna PlayStation 2 secara tiba-tiba. Banyak kasus DRE ini disebabkan oleh buruknya kualitas DVD yang digunakan, apalagi jika menggunakan DVD Games kopian. Tetapi jika anda sudah yakin DVD games anda tidak bermasalah, berarti permasalahannya adalah pada console anda. Mari kita cari tahu sebab yang lain.

Ada beberapa sebab lain yang bisa menimbulkan DRE. Pertama adalah lensa laser yang membaca data pada disc telah kotor yang menyebabkan sinar laser pembaca tidak bisa membaca data yang ada dipermukaan disc dengan sempurna. Yang kedua, mungkin disc tidak berputar pada spindle dengan baik.  Ini  akan  menyebabkan  games  (biasanya  terjadi  pada  Disc  biru) terkadang jalan dan terkadang tidak. Disc yang tidak berputar dengan sempurna ini akan mengeluarkan suara yang keras disaat disc berputar. Jika ini terjadi segeralah perbaiki sebelum games atau console anda rusak lebih parah.

Hal yang pertama yang bisa anda coba sebelum cara-cara lain. Siapkan alat peniup udara kecil yang bisa meniupkan udara dengan sedikit keras. Tekan tombol eject untuk membuka CD tray, lalu tiupkan udara kearah posisi laser selama 3 - 5 detik. Setelah itu coba lagi jalankan games anda. Seharusnya ini bekerja jika penyebeb permasalahan adalah lensa laser kotor oleh debu.

Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Diagnostics Mode


Cara  lain  yang  bisa  dicoba  sebelum  membongkar  console  anda  adalah dengan cara menjalankan diagnostics mode.
     Pertama hidupkan console anda tanpa ada cd didalamnya dan tunggu sampai pada main menu.
 Tekan tombol 'segitiga'.
 Tekan tombol keatas pilih Console lalu tekan tombol 'segitiga'.
 Kemudian pilih ON lalu tekan tombol 'X'.
 Masukkan CD maka console akan memulai diagnostics.

Cara lain lagi yang bisa dicoba (ini adalah akal-akalan = trik) adalah dengan menambah berat cd yang akan anda mainkan. Ini untuk mengatasi (bukan memperbaiki) agar games anda yang DRE karena tidak bisa berputar sempuna bisa dimainkan lagi. Caranya, tempelkan isolasi atau lakban secara seimbang dipemukaan cd.


Trik kedua yang bisa dicoba adalah dengan mempertebal permukaan disekeliling lobang disc dengan isolasi atau sejenisnya yang bisa menempel rata.


OK!. Prosedur selanjutnya adalah perbaikan sebenarnya terhadap lensa laser dan magnet pada spindle.




Sebelum memulai pastikan anda menggunakan tempat yang bersih dan rata dan bukan diatas bahan metal. Siapkan juga sebuah mangkok atau gelas atau wadah lainnya untuk menampung baut-baut dan part lainnya.

Berikut ini adalah peralatan yang akan anda butuhkan.
 Obeng philips standard, plus dan minus.
 Obeng jam, plus dan minus.
 Cutton bud.
 Alcohol minimal 70%.
 Pinset.
 Pelumas ringan (saya menggunakan minyak mesin jahit).
 Peniup udara (saya sering pake mulut  ).


Sebelum anda bongkar, lepaskan kabel power supply ke listrik, kabel stick, kabel audio video dan kabel-kabel lainnya jika ada.


Tempatkan console diatas tempat datar dan bersih dalam kondisi terbalik. Lepaskan semua baut-baut penutup yang jumlah dan posisinya bisa anda lihat pada bagian pengenalan PlayStation 2, dan letakkan dalam suatu wadah agar tidak berserakan. Ingat atau tandai posis 4 buah baut yang berukuran panjang. Setelah semua baut lepas, potong dengan cutter label garansi yang ada didekat port audio video.

Jika semua sudah, letakkan posisi console pada keadaan normal lagi, yaitu penutup yang bertuliskan/berlogo PS2 menghadap keatas dan bagian depannya menghadap ke anda. Saat ini kita hanya perlu membuka penutup bagian atas saja dengan cara menarik keatas bagian belakang penutup atas terlebih dahulu, setelah bagian belakang terangkat lalu tekan kearah depan untuk melepaskan kaitan bagian depan dan bagian modul tombol eject. Hati- hati jangan sampai merusak kabel ribbon yang tipis. Setelah terlepas semua tray disc akan terlihat jelas tanpa penghalang.
Masalah Disc Read Error PlayStation 2
 Selanjutnya buka penutup bagian atas tray dengan melepas baut-baut yang ada pada posisi yang ditunjukkan dalam gambar, lalu angkat dan lepaskan. (Video Tersedia)
Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Sekarang lensa laser akan terlihat jelas seperti kaca bulat berdiameter sekitar
3mm.

Untuk membersihkan lensa tersebut tiup dengan peniup udara yang sudah disiapkan. Hati-hati debu yang bisanya sudah menempel disekitar lensa dan tray. Jangan sampai debu tersebut malah menambah kotor lensa anda. Setelah itu teteskan sedikit alcohol dengan cutton bud lalu gosok dengan sangat pelan selama 30 detik. Kemudian ambil cutton bud kering, gosok lagi untuk  mengeringkannya.  Sekarang  lensa  laser  anda  sudah  bersih  dan kinclong . (Video Tersedia)

Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Selanjutnya periksa apakah laser assembly (rumah laser) bisa bergerak maju mundur dengan leluasa dan lancar dengan cara menggerakkan dengan tangan dengan sedikit tenaga. Assembly laser ini agak terasa seret karena dalam kondisi mati. Bersihkan rell tempat assembly bergerak lalu oleskan oli ringan pada rell tersebut.


Jangan lupa periksa magnet pada spindle dan magnet yang ada pada bagian tengah penutup tray dalam kondisi bersih dan baik. Periksa juga spindle yang berpasangan dengan magnet dalam menjepit disc juga dalam kondisi bersih dan baik dan tidak berminyak/licin.
Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Dengan  begitu  semua  sudah  selesai.  Pasang  semua  kembali  ke  posis semula.  Hati-hati  memasang  modul  tombol  eject  jangan  sampai  merusak kabel ribbon tipisnya. Pasang semua baut dan kencangkan secukupnya. Apakan ada baut yang tersisa? ;) Jika ada buang aja... ups bercanda ;). Maaf saya tidak bisa membantu anda, silakan cari sendiri posisi baut tersebut.

Pasang lagi semua kabel dan mari kita coba hasilnya. Bagaimana? Jika masih DRE kita coba cara berikutnya.

Pengaturan sudut optic lensa.

Pada umumnya permasalahan DRE bisa diselesaikan dengan cara mengatur ulang posisi sudut arah lensa terhadap disc dengan cara memutar sebuah roda gigi putih yang ada dibelakang disc tray.






Untuk melakukan pengaturan arah sudut lensa ini, terlebih dahulu anda harus membuka  disc  tray  dan  menemukan  posisi  roda  gigi  putih  yang  ada dibelakang disc tray tersebut. (Video Tersedia)
Masalah Disc Read Error PlayStation 2

Putarlah whitegear tersebut dengan kuncil ‘L’ yang berbentuk segi enam.


Atau dengan  obeng (-) kecil. Jika menggunakan obeng, yang diputar adalah langsung pada roda gigi. Jangan lupa terlebih dahulu untuk menandai posisi roda gigi ini dengan spidol untuk memudahkan anda kembali keposisi awal.

Jika anda sudah menandainya anda boleh bebas memutar roda gigi tersebut dengan sudut putar 45 derajat atau 1/8 putaran. Cobalah meload games disetiap putaran yang anda lakukan sampai games anda bisa diload lagi seperti sediakala.
Pemutaran white gear ini memerlukan kesabaran anda. Mulailah dengan putara 3 tik ke arah kiri sama atau kearah kanan. Setiap 3 tik putaran anda harus mencoba meload DVD games (gunakan DVD games dengan permukaan silver/putih). Tandai posisi awal anda menemukan games bisa di load  dan  posisi  akhirnya.  Setelah  itu  letakkan  posisi  white  gear  anda ditengah, antara kedua posisi titik tersebut.


Jika masih DRE berarti masalah anda lebih serius lagi. Berarti problem anda tidak termasuk yang 95% :( Gak ada yang lain lagi yang bisa dicoba ? Hmmm... ada, silakan baca bab berikutnya.
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Masalah Disc Read Error PlayStation 2
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Masalah Disc Read Error PlayStation 2 DRE ada l ah permasa l ahan yang pal i ng s ering dialami o l eh banyak pengguna PlayStat i o n 2...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori CD/DVD Kediri, Disc Read Error Kediri, DRE Kediri, DVD Kediri, game Kediri, game PS2 Kediri, Masalah PS2 Kediri, Optik Kediri, Tutorial dengan judul Masalah Disc Read Error PlayStation 2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/01/masalah-disc-read-error-playstation-2.html. Terima kasih!

CD/DVD

Disc Read Error

DRE

DVD

game

game PS2

Masalah PS2

Optik

Tutorial

Ada pertanyaan ?:

1 comments:

  1. nah kalo kaset biru gak mau berputar kira kira cara yang terbaik gimana?

    BalasHapus