Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo

Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo
Bagikan:
Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo Pada isi makalah yang Saya buat tentang pengertian dari mainboard, jenis-jenis dari mainboard, bentuk dan nama motherboard, fungsi prangkat pada mainboard, dan cara kerja motherboard berdasarkan refrensi dari beberapa website dan blog. Ada beberapa hal yang penting mengenai tentang sejarah mainboard yaitu Mainboard atau Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk   Apple   II-nya.   Pengembang   awal   motherboard   adalah   perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. dan beberapa  produsen motherboard lain  dari  Taiwan.  Antara  tahun  1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalam moterboard mendorong pencitraan motherboard ke  dalam  bentuk  yang makin  ekonomis.  Standar  awal yang pertama kali digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX. Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar  yang dipakainya sendiri,  yaitu  mini ITX.Di awal tahun 2000-an, pengintegrasian diperluas. Mainboard adalah papan utama, ataupun sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer.a


Mainboard atau Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel- kabel.  Karena  sangat  ruet  dan  repot  menghubungkan  satu  komponen  PC dengan  komponen  lainnya,  para  pengembang  produk  komputer  punya  ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer.  Terciptalah suatu  papan lebar  yang  berisis  beragam slot  sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard.



Pengembang awal motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge,   Orchid   Technology,   Elitegroup,   dan   DFI.   dan   beberapa produsen motherboard lain  dari  Taiwan.  Antara  tahun  1980  sampai  1990, penggabungan  beberapa  fungsi  periferal  ke  dalam  moterboard mendorong pencitraan motherboard ke  dalam  bentuk  yang makin  ekonomis.  Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan  floopy  drive,  serta port serial  dan port paralel  ke  dalam motherboard. Standar awal yang pertama kali digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX. Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya  sendiri,  yaitu  mini ITX.Di awal tahun 200-an,  pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

Mainboard adalah papan utama, ataupun sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan  setiap  komponen pada komputer.  Pada  papan utama  atau Motherboard itu terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas  mengatur  lalulintas data dalam sistem mainboard.Mainboard  juga bisa disebut Motherboard. Pada mainboard terdapat bagian-bagian input maupun output berupa socket ataupun slot. Seprti socket processor, slot memory, konektor IDE, Slot peripheral, I/Oport, dll. Jadi semua tempat untuk komponen sudah tersusun rapi didalam motherboard ini. Mainboard dipasang atau ditempatkan di casing komputer. Jadi semua komponen yang ada dikomputer terhubung dalam papan sirkuit yang bernama mainboard.

Mainboard Motherboard Mobo
Mainboard Motherboard

Jenis-jenis Mainboard


Berikut  ini  jenis-jenis  mainboaratau  motherboaryandikeluarkan  intel berdasarkan series.

Extreme Series


Table 1. Extreme Series

DEKTOP

BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM

FACTOR
DX5850


DP45SG D5400XS DX48BT2
X58 Express Chipset


P45 Exprss Chipset


5400 Express Chipset


X48 Express Chipset
LGA1366


LGA775


LGA771


LGA775
ATX


ATX eATX ATX





Media Series


Table 2. Media Series

DEKTOP

BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM

FACTOR
DG45FC


DG45ID DP35DP
G45 Express Chipset


G45 Exprss Chipset


P35 Express Chipset
LGA775


LGA775


LGA775
mini-ITX


micro-ATX ATX






Classic Series


Table 3.Clasic Series

DEKTOP

BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM

FACTOR
DG43GT


DG41MJ DG41TY DG43NB DP43TF DG35EC DG31PR DG33BU DG33FB
G43 Express Chipset


G41 Exprss Chipset G41 Express Chipset G43 Express Chipset P43 Express Chipset G35 Express Chipset G31 Express Chipset G33 Express Chipset G33 Express Chipset
LGA775


LGA775


LGA775


LGA775


LGA775


LGA775


LGA775


LGA775


LGA775
micro-ATX


mini-ITX micro-ATX ATX
ATX


micro-ATX micro-ATX micro-ATX ATX



Bentuk dan Nama Motherboard
PC and XT

Motherboard pertama yang populer adalah motherboard yang di design untuk PC pertama, yaitu original IBM PC yang di release pada Agustus 1981. Kemudian IBM mengeluarkan versi keduanya, yaitu XT, yang di release pada Maret 1983. Motherboad untuk IBM PC dan XT ini mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Bedanya? XT memiliki jumlah slot expansion yang lebih banyak. Coba bandingkan dari kedua gambar dibawah ini. Gambar pertama (kiri) menunjukkan motherboard untuk Original IBM PC. Sedangkan gambar kedua (kanan), menunjukkan motherboard untuk  XT.

Gambar2. Mainboard PC and XT
Gambar2. Mainboard PC and XT
Full-Size AT
Full-Size  AT  ini  mendapatkan  debut  pertamanya  saat  IBM memperkenalkan PC-AT (Advanced Technology) pada Agustus 1984. Motherboard ini di design untuk memenuhi kebutuhan processor 16 bit - 286  dari Intel,  yang  membutuhkan  lebih  banyak  ruang  dari yang  bisa disediakan oleh motherboard pendahulunya, XT. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar3. Mainboard Full-Size AT
Gambar3. Mainboard Full-Size AT
Baby-AT
IBM  adalah  produsen  komputer  pertama,  yang  menggunakan  board terkecil. Yaitu saat IBM memperkenalkan XT-286 pada September 1986. Namun sayangnya, penggunaan nama "XT" ini rupanya membuat orang jadi bingung. Orang-orang mengira bahwa board XT-286 itu masih menggunakan teknologi yang sama dengan dengan board yang dibuat pada 1981 (IBM-XT). Dan hal itu berakitbat buruk bagi penjualan XT-286.  Dan pada saat yang sama, perusahaan lain juga sedang mengembangkan board seukuran XT namun untuk kelas AT. Dan mereka berpikir, daripada memberi nama board tersebut dengan nama XT-size yang akhirnya juga akan membingungkan banyak orang, mereka akhirnya memutuskan untuk memberinya nama Baby-AT. Nama ini dipilih agar orang mengerti bahwa board  tersebut  telah  menggunakan  teknologi AT,  namun  menggunakan ukuran  yang  lebih kecil.  Dan pada dasarnya,  Baby-AT  ini mempunyai ukuran dan design yang sama dengan IBM XT. Bedanya terletak pada layout  dari penempatan  lubang  untuk  mur  atau  baut  yang  disesuaikan dengan gaya dari casing AT.  Motherboard  ini juga  mempunyai tempat yang spesifik untuk keyboard, dan slot connector yang pas dengan lubang pada casing. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar dibawah ini.


Gambar4. Mainboard Baby-AT
Gambar4. Mainboard Baby-AT

Baby-AT ini bisa digunakan untuk menggantikan system yang menggunakan  motherboard  full-size AT.  Baby-AT juga bisa  fit  dengan beberapa jenis design casing. Karena flexibilitasnya inilah, yang membuat Baby-AT sangat populer, dan terus digunakan dari tahun 1983 hingga awal tahun 1996.



LPX

Motherboard LPX dan mini-LPX ini secara original di kembangkan oleh Western Digital,  tepatnya tahun 1987. Walau  akhirnya Western Digital tidak lagi memproduksi motherboard, namun design asli dari LPX ini telah banyak ditiru dan terus diproduksi oleh pabrik pembuat motherboard lainnya. Namun, akibat dari tidak adanya design spesifik untuk riser card, hingga menyebabkan tidak adanya standarisasi dan kesamaan dari masing- masing pabrik dalam hal porsi penggunaan dari bus riser card ini. Dan itu menyulitkan bagi user untuk memperbaiki, mengupgrade, atau mengganti system yang menggunakan board jenis ini. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar 5. Main Board LPX
Gambar 5. Main Board LPX
Fungsi Prangkat Pada Mainboard
Konektor Power
Konektor power
Konektor power
Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga.  Konektor power


tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header  yang  utuh,  sehingga  Anda  tinggal  menancapkannya  di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard   yang   terdiri   atas   dua   larik   pin   juga.   Ada   beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.


Socket atau Slot Processor
Socket atau Slot ProcessorSesuai  namanya,  soket  Processor adalah  sebuah  soket  yang diperuntukkan bagi sebuah processor. Soket processor disesuaikan dengan processor yang akan di gunakan. Saat

ini, ada dua provider yang menguasai pasaran processor di dunia, yaitu AMD dan INTEL.Dengan soket ini pula, kita bisa mengenali computer berdasarkan kelasnya.Terdapat beberapa tipe socket untuk menancapkan prosesor. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370.Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A,  di mana  jumlah pinnya  juga  berbeda dengan socket  370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.

NorthBridge Controller
NorthBridge ControllerNorthbridge berfungsi untuk menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. VIA VT8751A yang  memberikan  interface  prsessor  dengan

frekuensi 533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP


1.5V  yang  mendukung  spesifikasi  AGP  2.0  termasuk  write  protocol dengan kecepatan 4X.

Socket Memory
Soket memorySoket memory berfungsi untuk meletakkan memori pada motherboard. Ada duatipe socket memori yang kiniberedar di masyarakat. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum


banyak pengguna yang memakainya. Socket lama yang masih cukup popular adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yang kedua  memiliki 168  pin  modul,  yang  dirancang  satu  arah. Anda  tidak mungkin memasangnya terbalik, karenag alur di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM.

 Konektor Floppy dan IDE
Konektor Floppy dan IDEKonektor ini menghubungkan motherboard dengan   piranti   simpan   computer   seperti floppy  disk  atau  harddisk.  Konektor  IDE dalam  sebuah  motherboard  biasanya  terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE  biasanya  disambungkan  dengan  piranti-piranti untuk  slave  seperti CDROM  dan  harddisk  slave.  Bagaimana  menyambungkan  pin  dengan kabel ?Mudah sekali. Pita kabel IDE  memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebut menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 dikonektornya. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh computer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard.

AGP Slot
 AGP Slot
Slot port penyelerasi gambar ini mensupport grafik card mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.






SouthBridge Controller
SouthBridge ControllerSouthbridge  berfungsi  untuk  mengatur  kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O  lainnya.  Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235  yang  mensupport  berbagai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.


 Standby Power LED
Standby Power LEDLed ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat)  untuk  mematikan  system  power  sebelum


menghidupkan atau mematikan mesin.


PCI Slot
PCI Slot







Konektor Mouse
Konektor MousePengembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensupport bus master  PCI  cart  seperti SCSI  atau  cart  LAN  dengan keluaran maksimum 133MB/s. Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk menghubungkan mouse   dengan   komputer.   Konektor   ini   ada   yang langsung terpasang pada motherboard dan ada pula yang  tidak terpasang.


Port Parallel dan Serial
Port Parallel dan SerialPada  tipe  AT,  port  serial  dan  paralel  tidak  menyatu dalam  satu  motherboard  tetapi disambungkan  melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan  kabel.  Fungsi  port  parallel  bermacam-
macam,  mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse.Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port parallel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.

RJ-45 Port
 RJ-45 PortPort 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melaluis ebuah pusat network. Ada juga yang difungsikan untuk menghubungkan PC dengan Modem Eksternal.





Jack Audio
Jack AudioJack line in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack  ini  menjadai  bass/tengah.  Jack  line  out  (lime)  ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi speaker out depan. Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel fungsi jack ini rear speaker out belakang.

USBPort
USBPortUSB (Universal Serial Buss) digunakan untuk menghubungkan perangkat USB.






Port VGA
Port VGAPort  15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel dengan port ini.




Konektor Keyboard
Konektor KeyboardAda dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atautipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.





Konektor KeyboardBaterai ini berfungsi untuk member tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketik aia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.




Cara Kerja Motherboard
Cara Kerja MotherboardKetika sebuah komputer dinyalakan (power-on), yg pertama kali berproses adalah chip BIOS yg akan mem-verifikasi komponen yg dipasang sistem PC, seperti type processor, memori, add-on card, dan komponen lainnya. Biasanya semua komponen ini akan dideteksi otomatis oleh BIOS, dan disalin dalam list (daftar)  yg dapat  dilihat  oleh user. BIOS  mendapatkan power dari sebuah baterai yg berfungsi ketika komputer dimatikan (power-off), jadi data yg disimpan pada chip tidak akan hilang. Ketika BIOS selesai memverifikasi informasi dari seluruh komponen yg terinstall, maka tugas akan beralih ke chipset yg mengontrol seluruh device / komponen.





Chipset mengatur processor ketika menginstruksikan atau memintadata dari memori, transfer dari memori ke HDD dan komponen I/O yg ada.Chipset yang digunakan pada motherboard berperan sangat vital karenaberfungsi mengatur lalu lintas data seperti aliran data dari processorkememori, dari memorikeharddisk, dll.Chipset menentukan jenis dan kecepatan maksimal processor, besar FSB maksimal yang didukung, jenis memoriyang digunakan,  frekuensi memori maksimal yang

didukung, dll.Selain itu juga terdapat fitur-fitur yang diusung oleh motherboardanda, seperti dukungan RAID, USB, Firewire, SATA, dualchannel, dll.

Pada umumnya,terdapat 2 chipset utama yang terdapat pada mainboard yaitu:

Ø  Northbridge: mengatur lalulintas pada processor,memory, dan VGA.


Ø  Southbridght: mengatur lalulintas data selain yang diatur oleh northbidge, seperti hardisk, drive optok, back panel, LAN card, sound card, dll

Cara Kerja Motherboard
Cara Kerja Motherboard

Pada Intinya Motherboard mobo Mainboard adalah papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkasetiap  komponen  pada  komputer.  Mainboard  bisa  disebut juga dengan Motherboard. Pada mainboard terdapat bagian-bagian input maupun output berup socket ataupun slot. Seperti socket processor, slot memori, konektorIDE, socket Catu daya, Slot peripheral, I/O port, dll. Motherboard  ditempatkan di Casing (Kotak Komputer).

Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo Pada isi makalah yang Saya buat tentang pengertian dari mainboard, jenis-jenis d...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori AMD Kediri, G41 Kediri, jenis Mainboard Kediri, Mainboard Kediri, Mobo Kediri, Motherboard Kediri, Prosesor Intel Kediri, SouthBridge dengan judul Pengertian dan Fitur Cara Kerja Motherboard Mainboard Mobo. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/05/pengertin-dan-fitur-cara-kerja.html. Terima kasih!

AMD

G41

jenis Mainboard

Mainboard

Mobo

Motherboard

Prosesor Intel

SouthBridge

Ada pertanyaan ?:

1 comments: