Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer

Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer VGA card,GPU dan VGA onboard NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi
Bagikan:
Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya.



Kata Kunci:VGA card,GPU dan VGA onboard

Pada hari ini akan saya postingkan tentang mengenal komponen komputer yaitu kartu grafis atau dikenal dengan VGA. Pengertian VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.
Fungsi  VGA  Card  adalah  mengubah  sinyal  digital  dari  komputer  menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan  output (keluarankomputer ke monitor. Untuk menggambar  / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor  pada  kartu  VGA,  banyak  sekali  macamnya  karena  tiap-tiap  pabrik kartu VGA  memiliki Chipset andalannya.  Ada banyak produsen Chipset kartu VGA
seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

Pengertian VGA Card
 Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor  yandisebut  dengan  GPU atau  Graphic  Processing  Unit  ditambah  dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan  heatsink  sebagai  penyerap  panas  dan kipas sebagai  pengusir  panas  pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.
VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari   Vide Graphi Accelerator sesuai   dengan   fungsinya   diatas.   VG card berhubungan  langsung  dengan  tampilan  di layar  monitor.  Kata  card menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.


Jenis-jenis VGA Card

1 VGA onboard (VGA yang sudah menyatu dengan motherboard)

VGA onboard mengambil memori dari RAM komputer anda, jadi secara teoritis memory processing (atw IRQ) akan berebutan dengan Processor yang notabene mengambil Interrupt Request dari RAM.   VGA Onboard merupakan VGA  yang sudah ada / built ini pada motherboardVGA  Onboar Tentu saja membutuhkan memory layaknya VGA Card biasa, . memory ini mengambil dari RAM (SDRAM, DDR, DDR2, dsb). VGA Onboard terbaru  Terdiri dari 64 bit,
128 bit sampe 256  bit (sistem  lama  masih pake  16 & 32 bit). Turbo  Cache



Sistem  mother board yang mendukung VGA Onboard terbaru agar tidak terlalu menyita memory pada RAM. Contohnya saja untuk VGA Onboard Biostar udah pake Turbo Cache. Besar Memory VGA adalah 512 MB, tapi hanya menyita
memory di RAM sebesar 128 MB.


 2 VGA PCI


VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri- cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin- nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut:


3 VGA AGP




VGA Jenis AGP, awal dibuatnya vga agp, karena peningkatan yang signifikan  terhadap   transfer  data  dari  memory,   cpu  ke  peralatan  display, sehingga   dibuatkan   slo agp   untuk   memasang   vga   kenis   agp vga   agp diluncurkan  berdasarkan  nilai  voltase  yandigunakan,  yaitu  agp  1x dan  2x dengan  voltase  3.3  vsedangkan  4x dan 8x 1,5 volt.  vga  agp  terakhir  yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt.

Ciri-ciri  vga  ini  adalah  bentuk  pin-nya  yang  vertikal  dengan  bentuk  mirip

formasi sarang lebah, berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya:
4 VGA PCI Express

 Express VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan  khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan- peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya  yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express:
Jenis-Jenis VGA Terbaik
Anda mungkin sedang mempertimbangkan mau membeli VGA apa yang cocok dan baik untuk komputer anda. Meskipun kebanyakan mobo sekarang sudah mengintegrasikan VGA di dalamnya, namun bagi sebagian orang hal itu kurang memuaskan.  Maka  mereka  akan  mencari  VGA  yang  lebih  memiliki  daya  tinggi. Solusinya  adalah  membeli  VGA  add  on.  Lalu  kira-kira  merk  apa  yang  terbaik. Selebelum melangkah memilih merk sebaiknya sesuaikan dulu dengan keuangan anda. Di sini saya rekomendasikan VGA add on yang baik, ini banyak direkomendasikan oleh para komputer mania.
Ø   ATI RADEON

ATI Radeon  adalah merek graphics  processing  unit  (GPU)  yang sejak tahun

2000 telah diproduksi oleh ATI Technologies. Ada empat kelompok yang berbeda, yang dapat  dibedakan  oleh  generasi  DirectX  mereka  mendukung.  perbedaan  yang  lebih spesifik juga dapat diikuti,  seperti versi HyperZjumlah pipa pixeldan Tentu  saja, memori dan kecepatan prosesor jam.



Ø   NVIDIA GeForce

Ini merupakan  sebuah  perusahaan  multinasional  yang mengkhususkan diri dalam pengembangan  unit pengolahan  grafis dan teknologi chipset untuk workstation, komputer pribadi, dan perangkat mobile. Berbasis di Santa Clara, California,  perusahaan  telah  menjadi  pemasok  utama  dari  sirkuit  terintegrasi





(IC),  merancang  unit  pengolahan  grafis  (GPU)  dan  chipset  yang  digunakan dalam kartu grafis, dalam motherboard komputer pribadi, dan konsol permainan video.
Nah itulah jenis-jenis VGA komputer yang dapat kita ketahui. Semoga bisa semakin memperkaya pengetahuan kita tentang komputer khususnya tentang hardware komputer.
Itulah beberapa jenis-jenis dari VGA yang dapat saya perkenalkan kepada anda sekalian. Semoga dengan adanya artikel tentang ulasan mengenai VGA anda dapat mempertimbangkan dalam memilih sebuah spesifikasi VGA untuk komputer anda.
Dapat Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata-kata atau salah dalam pengejaannya.  Kurang dan lebihnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. 
JJJGood Luck Everybody JJJ
Honda Kediri Honda Kediri Author
Title: Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer
Author: Honda Kediri
Rating 5 of 5 Des:
Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer   V GA ca r d a d a l a h s e b u a h p e r a n g k a t k e r a s y a n g m e l a k u k a n r e n ...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori GPU Kediri, jenis VGA Kediri, Komputer Kediri, Merakit Komputer Kediri, VGA card Kediri, VGA Komputer Kediri, VGA onboard dengan judul Mengenal Jenis-jenis VGA Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://harga-ps.blogspot.com/2015/02/mengenal-jenis-jenis-vga-komputer.html. Terima kasih!

GPU

jenis VGA

Komputer

Merakit Komputer

VGA card

VGA Komputer

VGA onboard

Ada pertanyaan ?:

0 comments: